Pengalaman Pertama Nonton Konser JKT48 di Teater

Diposting pada

yozar = Konser JKT48 - 01Saat Gwe kerja di Jakarta beberapa tahun yang lalu, teater JKT48 belum ada. Bahkan tren boyband girlband baru dimulai. Sebenernya Gwe juga bukan fans berat girlband satu ini. Ya sekedar tahu aja bahwa JKT48 adalah semacam sister group dari girlband AKB48 asal Jepang. Isinya cewek-cewek banyak banget 48 orang. Heboh banget ga tuh. Meskipun kayaknya kalay lagi perform gitu gak mungkin juga kayaknya tampil semua. Dipecah-pecah jadi tim atau kelompok kecil.

Gwe sekedar tahu sejak awal kemunculannya girlband ini cukup menarik karena mengembangkan konsep komunitas fans. Mungkin bisa dibilang satu-satunya girlband yang masih eksis sejak jaman naik daunnya boyband girlband hingga kondisi biasa saat ini. Lalu bedanya lagi, kalau boyband girlband lain biasanya kan tampil di panggung outdor dan nunggu ada event atau dibuatkan event, nah klo JKT48 ini punya teater sendiri, suatu tempat manggung indoor dan secara rutin mereka tampil di situ. Jadi buat fans ga susah-susah harus keliling cari artisnya tampil di mana, cukup cek jadwal mereka di website resmi. Bahkan mungkin (karena Gwe coba sih) kalau fans udah terdaftar secara resmi, bakal dikabarin lewat newsletter email.

Jadi gimana ceritanya Gwe akhirnya mau nonton konser JKT48 di teater adalah karena Sabtu kemarin Gwe ikut Kelas Menulis Raditya Dika di Perpustakaan kantor Kementerian Pendidikan Kebudayaan. Kebetulan kantor ini bersebelahan dengan mall FX yang di dalamnya ada teater JKT48. Saat selesai acara, sekitar jam 1 siang, Gwe laper dan memutuskan nyari makan di sekitar gedung Kemendikbud. Gwe mikir simpel di mall pasti ada warung makan lah ya. Jadilah Gwe maen ke mall sebelah. Selaen itu karena Gwe juga tertarik buat ngintip kayak apa sih teater JKT48 ini, dan kalau beruntung ada show bisa sekalian nonton. Beberapa waktu sebelumnya Gwe sempet liat di website resmi JKT48 kalau girlband ini konsernya hampir tiap hari, tapi kayaknya sih yang seru kalau weekend. Sabtu minggu gitu deh. Dan Gwe liat kalau mau nonton bisa pesen tiket dulu. Ada beberapa kelas gitu, yang Gwe gak tau konsekuensinya apa. Harganya ada 2, untuk pelajar: 50rb dan Umum 100rb. Gwe masih males buat beli online karna belum ada jadwal pasti kapan akan nonton. Gwe pikir mungkin bisa kali on the spot saja. Gwe cek di web sih hari ini ada jadwal manggung jam 14. Abis makan sekitar setengah 2 siang, saat nyampe di teater yang kata informan mall yang Gwe tanya letaknya di lantai 4, Gwe lihat ada beberapa ABG yang Gwe rasa mau nonton konser JKT. Loket juga udah buka. Gwe tanya-tanya tuh mbaknya yang jual tiket. Ngomongnya agak kurang jelas, tapi akhirnya Gwe nangkep, ternyata untuk siang ini konser hanya untuk pelajar dan perempuan. Sedangkan untuk yang umum yang jadwal jam 7 malem. Karena masih lama Gwe pikir ga usah nonton aja, meskipun sebenarnya tertarik.

yozar = Konser JKT48 - 02Sebelumnya Gwe bermaksud untuk ketemuan sama mas Agus ArtSonica, tapi ternyata beliau ada ketemu sama klien, jadi batal deh. Gwe pikir mau ngapain ya siang ini. Bisa aja sih Gwe balik kos dan ngurus tesis, tapi sayang kalau wekkend gak buat jalan-jalan. Gwe lalu keinget omongan temen kantor baru yang ngusulin Gwe buat tampil di acara keakraban kantor berupa outbound yang rencananya akan diadakan abis Lebaran. Nah, karena udah lama banget gak latihan, dan juga ga bawa controller Gwe ke Jakarta, Gwe kepikiran untuk les lagi. Selain buat refresh ilmu juga nambah temen. Gwe kepikiran lah ke sekolah DJ 45G yang dulu namanya adalah 1945 MF. Singkat cerita Gwe ke sana buat ngobrol ama pengajarnya, ngedaftar dan tadinya rencananya mo belajar hari itu juga tapi berhubung studio masih disewa buat maen, batal deh. Hujan deres selama Gwe di sana. Mau balik juga males. Gwe lalu kepikiran lagi buat nonton konser JKT48 di teater.

Jadi sekitar jam 6 sore, abis Maghrib Gwe bergerak dari Patiunus ke fx. Malam minggu jalanan lumayan lancar. Pas nyampe di lantai 4. Busyet, suasananya kebalik banget ama jadwal manggung siang yang sepi. Udah rame cowok-cowok ngantri di depan teater JKT48. Ada sih yang cewek, tapi gak banyak. Jadi jiper dah Gwe. Jadi nonton gak ya? Pikir Gwe saat itu. Meski sempet ragu akhirnya Gwe mutusin buat nonton, setelah sempet nanya-nanya para penonton yang udah pengalaman, katanya sih gak papa buat yang belum pesen tiket online bisa langsung beli on the spot setelah antrian yang beli tiket online masuk semua.

Dari hasil ngobrol dengan para WOTA (sebutan untuk para fans JKT48) di sana, Gwe belajar sistem cara nonton teater. Jadi sebelum jadwal manggung, penonton perlu mengakses website resmi JKT48. Di situ ada jadwal acara manggung dan penonton bisa booking di periode tertentu tergantung dari kelas/posisi kursi yang ingin didapatkan. Ada VIP dll. Kalau yang Gwe liat kemaren di antrean, yang bawa tiket biru dipanggilin duluan melalui nomor yang muncul di layar monitor secara acak. Setelah pemegang tiket baru semua masuk, lanjut dengan pemegang tiket hijau. Urutan masuk random sesuai angka yang keluar di layar. Ohya, katanya tiket itu para penonton dapatkan dengan menukarkan bukti bayar online, yang harus mereka lakukan sebelum jadwal manggung. Gwe denger ada yang nukerin tiket jam setengah lima sore. Lanjut, karena Gwe nggak booking duluan jadinya masuk WL alias Waiting List.

yozar = Konser JKT48 - 03Pas antri beli tiket WL mbaknya yang jualan sempet menutup loket. Sempet keluar juga ngobrol ma temennya yang bawa HT gitu. Ga tau alasan pastinya, Gwe duga sih untuk memastikan ketersediaan kursi di dalem atau menata lokasi buat para penonton yang bakal berdiri di belakang. Ya, jadi Gwe baru tahu kalau di teater ini kalau nonton duduk, yang berdiri cuman yang WL, dan posisinya jauh di deretan belakang. Setelah nunggu agak lama, akhirnya loket dibuka lagi dan Gwe dapat tiket biru, ga ngaruh sih, karena tetep harus berdiri.

Setelah semua penonton udah masuk, lampu dimatikan. Dari kegelapan, samar terlihat di panggung beberapa gadis udah muncul. Selanjutnya terdengar teriakan lantang cewek. JKT… lalu disambut sama para penonton: 48! Trus nyanyi (atau lipysnc yak) dan nari deh mereka. Sori ye ga Gwe ceritain detilnya karena bakal banyak banget nulis ceritanya, ini aja udah 2 halaman. Intinya di konser ini nyanyi nari, selain itu juga ada dialog antar personil. Monolog ke penonton. Becandanya ada yang lumayan lucu, yang garing gak sedikit. Yang Gwe suka adalah kostumnya mereka yang cantik-cantik.

Lalu setelah satu setengah jam kemudian, JKT48 seolah-olah sudah mengakhiri performancenya. Suasana gelap. Lalu ada cowok yang menerikkan ankoru alias encore alias minta penampilan tambahan. Wota yang laen ikut meneriakkan ankoru. Beberapa menit kemudian JKT48 muncul lagi, nyanyi nari dan ngobrol. Total penampilan mereka 2 jam.

Ada yang spesial di sabtu malam 21 Mei 2016. Salah satu personil JKT48 menerangkan bahwa salah satu member mereka Haruka mau melakukan nazar naik sepeda dari Jakarta ke Surabaya. Lalu muncul tayangan video Haruka cerita kalau dirinya mau graduate, makanya mo ngelakuin naek trip sepeda dari Jakarta menuju konser terakhirnya di Surabaya. Graduate artinya cewek yang aslinya berbahasa Jepang ini cerita akan berhenti dari JKT48. Setelah video selesai Haruka dimunculkan. Dia minta dukungan kepada para fans untuk tanggal 23 Mei nanti melepas kepergiannya naek sepeda di fx Senayan jam 8 pagi. Dia ingin agar di tiap kota yang dilaluinya ada WOTA yang menyambut. Dia berharap untuk kuat naek sepeda sampai Surabaya. Performance pun berakhir.

Sebagian penonton mulai berdiri berbaris di pintu keluar yang masih tertutup. Tidak urut seperti pas masuk. Berikutnya terdengar suara Kinan JKT48 meminta penonton diminta untuk tidak keluar dulu, menunggu para personil JKT48 menyiapkan diri berbaris di pintu keluar untuk tos. Fans diminta untuk tidak memberi kado atau melakukan hal lain yang bisa membuatnya dikeluarkan dari barisan tos. Dia juga mengumumkan ada member yang tidak bisa ikutan tos karena kondisi kesehatannya. Pintu keluar dibuka, di sisi kiri penonton sudah menanti gadis-gadis remaja yang mengangkat tangan kanannya menyambut tos dari para penonton. Eh ada juga ding dari mereka yang aktif tos tangan penonton. Cara ini Gwe rasa membuat para fans merasa dekat dengan mereka sehingga lebih memperkuat keberlangsungan hubungan fans – idola. Walau pada awalnya Gwe ngerasa agak gimana pas mau nonton, ternyata seru juga.

Bahan & sumber tulisan & foto:
http://jkt48.com/news/detail/id/562?lang=id
https://twitter.com/HarukaN_JKT48

Artikel ditulis oleh yozar.remixer untuk Showbiz-Indonesia.com
Twitter: @yozarremixer
Youtube: yozarremixer

Gambar Gravatar
Tempat Nongkrong Paling Kreatif, Ngetren, & Informatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *