Alat Tambahan Untuk Melengkapi Home Recording Studio

Diposting pada

YouTube Thumbnails - Alat Tambahan Untuk Melengkapi Home Recording Studio“Musical Autodidact Series” Part 2

Pada tulisan sebelumnya, telah dibahas mengenai Cara Membuat Home Recording Studio. Namun, selain 4 (empat) alat utama yang dibutuhkan, agar Home Recording Studio biar perfect/bagus perlu juga dilengkapi dengan beberapa alat ini:

1. Mic/Microphone
Ya kalo elu pengen bikin music doang, ga masalah kalo ga ada mic. Tapi kalo lo mo bikin lagu, tentunya keberadaan mic ini sangat diperlukan. Silakan pake mic biasa yang harganya puluhan sampe ratusan ribu, ato pake mic yang mendukung phantom power yang harganya jutaan. Sesuaikan dengan kebutuhan lu.

2. Mic Filter / Puff Filter
Agar input suara vocal bersih, pakai/pasanglah puff filter di Mic, sehingga suara desah, hembusan nafas, angin, maupun berbagai gangguan saat proses perekaman lainnya dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan.

3. Gitar listrik
Well, sebenarnya aplikasi musik maupun Digital Audio Workstation (DAW) berikut VST Plugin yang disertakan dalam DAW sudah mendukung/included bunyi gitar juga, baik klasik maupun listrik. Tapi tetep aja, karena instrument ini punya keunikan bunyi khusus yang dihasilkan dengan teknik-teknik tertentu, maka keberadaan gitar listrik untuk beberapa kasus tetep dibutuhkan. Tentu aja elu kudu bisa maen gitar listrik, atau ada orang yang bisa suruh lu maen gitar listrik untuk music/lagumu.

Nah, setelah punya semua peralatan ini, tinggal elunya aja berkarya. Pelajari baek-baek semuanya. Dari kemampuan bermusiknya dulu (soal nada, notasi, insrumen, dll), sampe tahap recordingnya. Bisa lewat me-guru, kursus, atau otodidak. Kesannya emang home recording ini buat bikin music digital aja, tapi enggak selalu kok. Kalo elu punya band pun bisa home recording. Hasilnya bisa istimewa. Emang si, bunyi-bunyi di software music cenderung ‘terdengar’ digital. Maka dari itu instrument analog aslinya kek mic, gitar listrik, dll tetep diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *