Tutorial Cara Menghilangkan Vocal dari Lagu (Teknik Minus One di FL Studio)

Diposting pada

YouTube Thumbnails - Tutorial Cara Menghilangkan Vokal dari LaguUntuk dapat mengetahui teknik menghilangkan vocal di FL Studio, pertama kita kenali dulu istilah Phase Cancellation.

Prinsip dari phase Cancellation adakah memindahkan suara dari channel kiri ke channel kanan, dan sebaliknya channel kanan ke channel kiri, namun dengan phase-nya dibalik. Artinya, semua suara yang posisinya ada di bagian tengah, akan hilang.

Pertama kita masukkan dulu lagu yang akan dihilangkan vocalnya ke dalam playlist. Selanjutnya kita butuh 3 tracks di mixer, 1 track input dan 2 track sidechain. Pilih track mixer 2, klik Send/kirim input. Hilangkan Send dari track master.

Di track Sidechain 1, Pilih Efek: Fruity Stereo Shapper. Ini adalah track utama yang akan menghilangkan vokal. Jadi namakan saja track tersebut sebagai: penghilang. Jadi di efek, geserlah posisi suara, dari kanan ke kiri, dan sebaliknya dari kiri ke kanan, dengan nilai minus satu. Ini adalah teknik yang membalikkan posisi sehingga suara di bagian tengah hilang. Namun maklum saja kalau semisal bass juga ikut tergeser ke posisi tengah dan suaranya juga hilang. Suaranya pun jadi terdengar tipis dan kering.

Untuk memperbaiki itu gunakan efek Maximus dengan memisahkan Mid dari Low dan High Band. Pilih preset: default.

Di track Sidechain 2, ambil satu lagi efek Maximus, dan letakkan efek tersebut di track baru, yang kita namakan ByPass. Kita biarkan dulu track ByPass sementara, fokus ke track: Penghilang. Off kan dulu efek: Stereo Shapper, fokus ke Maximus. Untuk membiarkan Mid band sendiri, pilih opsi Mute untuk Low dan High Band. Selain itu kita juga nggak butuh Compressor di Mid Band, jadi matikan saja/off. Kita hanya menggunakan Maximus sebagai Freq spliting equalizer. Lanjut ke efek track ByPass. Sebaliknya kita Mute kan Mid, dan Compress Off kan Low dan High Band. Jadi kita akan mendengar frekuensi low dan high.

Langkah terakhir adalah membuat kendali bersama bagi Low Cut & High Cut. Buat Dashboard dari Add > Plugin Picker. Dari Maximus / masing-masing efek yang ingin disatukan kendalinya, Link atau hubungkan ke controller.

Lengkapnya, ikuti video ini:

https://youtu.be/Ag7l9Zyyraw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *