Dewi Rieka Kustiantari, Perempuan Hebat yang Berbagi Peran Sebagai Ibu dan Penulis

Diposting pada

Dedew - 04(Jakarta, 20/04/16) Bagi Dewi Rieka Kustiantari, perempuan hebat adalah yang bisa membagi perannya dalam kehidupan secara beriringan dan seimbang, misalnya sebagai ibu sekaligus wanita bekerja. “Menurut saya sih yang bisa menjalankan berbagai perannya dalam kehidupan secara seimbang, misalnya jadi ibu sekaligus wanita bekerja, keduanya bisa berjalan beriringan,” jelas Dedew secara tertulis melalui email.

Dewi Rieka yang lebih akrab dipanggil Dedew adalah seorang ibu dua anak, yang tinggal di Ungaran, Kabupaten Semarang. Peran utama Dedew sehari-hari adalah menjadi ibu rumah tangga, namun di sela kesibukannya, dia dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk berkarya dengan menjadi penulis. Bahkan hingga kini sudah ada 32 judul buku yang diterbitkannya sejak tahun 2006 hingga artikel ini ditulis. Dedew dikenal dengan buku komedinya “Anak Kos Dodol” yang terbit hingga beberapa seri, bahkan hingga dibuat film layar lebar. Sementara judul buku terbaru Dedew adalah 4G Guru Gaul Guru Galau tentang kisah seru para guru di sebuah SMA.

Walaupun memberikan manfaat ekonomi, kegiatan ini tidak mengganggu peran utama Dedew sebagai ibu. Bahkan anaknya karena terbiasa melihat mamanya menulis, jadi tertarik dan mulai ikut menulis. Kegiatan ini pun memberikan kontribusi kepada masyarakat, karena buku sebagai karya kreatif tulis dapat mencerdaskan dan menghibur pembaca. Selain itu Dedew juga menjadi pembicara dalam sejumlah workshop menulis.

Dedew - 02Ada sejumlah alasan yang membuat Dedew tertarik menekuni dunia menulis. Pertama adalah sebagai tempat curhat, kemudian karena patah hati, dan karena tidak kunjung mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Meskipun latar belakang pendidikan Dedew bukanlah sastra, melainkan Manajemen, hal itu bukan masalah baginya. “Setelah dimuat di media massa, kok seru ya? Akhirnya keterusan hehe,” kata Dedew.

Ditanya mengenai peran pahlawan nasional Kartini atas kontribusinya bagi emansipasi wanita di Indonesia, Dedew menyatakan bahwa perempuan Indonesia beruntung memiliki Kartini yang berpikiran maju ke depan, melampaui zamannya. Karena Kartini, perempuan Indonesia bisa sekolah dan berkarya untuk bangsa Indonesia. Terakhir Dedew mengajak perempuan Indonesia untuk terus berkarya di bidang yang masing-masing sukai.

“Ayo berkarya di bidang yang teman-teman sukai, jangan takut gagal. Lakukan selangkah demi selangkah. Yakin usahanya akan membuahkan hasil manis,” kata Dedew optimis.

Gambar Gravatar
Tempat Nongkrong Paling Kreatif, Ngetren, & Informatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *