Hati-hati Jangan Salah Beli iPhone Jepang

Diposting pada

iPhone JepangPrinsip teliti sebelum membeli, memang harus selalu dipegang setiap calon konsumen. Karena bila uang sudah bertukar orang, dan barang sudah dibawa pulang, maka hampir tidak mungkin bisa dikembalikan.

Orang umumnya mengenal iPhone adalah bikinin perusahaan Apple dari Amerika. Namun pada kenyataannya, seperti produk industri lainnya, iPhone yang didesain di California, Amerika, bisa saja dirakit di China, Jepang, atau Indonesia. Memang sistem industri multi-nasional seperti ini tetap berusaha menjaga standar kualitas, namun pada kenyataannya orang akan cenderung memilih produk yang dirakit di negara tertentu. Petimbangannya bisa macam-macam, salah satu contohnya adalah dari kepercayaan terhadap kemampuan tenaga produksi di negara tersebut.
Selain satu hal itu, ternyata faktor kebijakan pemerintah negara tertentu pun bisa berimbas kepada spesifikasi atau kemampuan produk yang dibuat di negara tersebut.

Seperti halnya iPhone, menurut salah satu penjual retailer di Mall Atrium Senen, Jakarta, iPhone Jepang memiliki sistem kamera yang berbeda dengan yang iPhone diproduksi di negara lain. Karena pemerintah Jepang memiliki kebijakan ketat terhadap privasi warga negaranya, iPhone buatan Jepang tetap akan memunculkan suara setiap kali tombol jepretnya ditekan. Orang Jepang, menurut penjual retailer hape di Atrium Mall Senen, cenderung tidak suka difoto tanpa ijin. Karena itulah hape produksi Jepang, semisal iPhone mengakomodir kebijakan pemerintahnya.

Solusi Memotret Dengan iPhone
Namun hal tersebut berbeda dengan di Indonesia. Bila kita berada di suatu acara, semisal seminar atau kuliah, terkadang peserta atau mahasiswa ingin mengambil gambar dari sang narasumber. Atau bisa juga memfoto materi yang dipresentasikan di depan. Kalau acaranya sangat formal, orang mungkin tidak boleh memfoto sama sekali, ada juga kebijakan boleh memfoto, tapi bunyi jepret foto dilarang. Nah, tentunya kebijakan seperti ini akan menyulitkan orang yang memfoto menggunakan hape atau iPhone bikinan Jepang.

Lalu apa solusinya? Menjual kembali barang yang sudah dibeli? Tentunya tidak semudah itu. Ada solusi lain agar kamera iPhone tetap bisa dipakai untuk memotret, yaitu dengan menginstall aplikasi foto tambahan dimana didalamnya ada fitur mute. Ada salah satu aplikasi foto yang cukup baik dari Korea. Ada bisa mencobanya.

Gambar Gravatar
Tempat Nongkrong Paling Kreatif, Ngetren, & Informatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *