Memperkenalkan Tentang Tontonan Internet Video Klip Musik

Diposting pada
Selamat malam,
Kali ini saya akan memperkenalkan salah satu bentuk dari Tontonan Internet yaitu Video Klip Musik. Video Klip Musik yang juga disebut Video Musik atau Video Lagu atau Video Klip adalah semacam film pendek yang menggabungkan antara lagu dan gambar video dengan tujuan untuk mempromosikan lagu dan atau artisnya. Dengan dibuatnya video klip diharapkan penjualan rekaman lagu ataupun kepopuleran dari sebuah lagu dengan artisnya akan semakin meningkat. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan secara ekonomi.
Dahulu video klip biasa diputar di televisi, namun pada perkembangan masa kini, video klip juga ditangkan di internet. Keuntungan dari Tontonan Internet Video Klip adalah para penonton dapat menikmatinya setiap saat dia suka, tidak harus terpancang pada jam tayang tertentu. Situs/website terbesar yang menayangkan Video Klip tentu saja adalah YouTube, kemudian Vevo, Vimeo, Muzu.tv, dan Music Video Genome.
Umumnya sebuah Video Klip memiliki durasi selama 3 sampai 5 menit, namun ada juga yang kurang atau lebih dari itu. Tergantung dari durasi lagu dan konsep dari video klip tersebut. Sejumlah Konsep Video Klip yang dapat ditemui orang pada umumnya adalah:
1.    Video Klip Bebas / Tanpa Konsep
Video Klip jenis ini tidak begitu jelas mengenai apa yang mau ditampilkan. Biasanya hanya memperlihatkan gambaran-gambaran acak. Dapat menampilkan gambar artis maupun gambar apa saja yang dapat ditangkap oleh kamera.
2.    Video Klip Umum
Video Klip Umum biasanya menekankan pengambilan gambar terfokus pada sang penyanyi/grup band/grup vocal (untuk selanjutnya kita sebut sebagai: artis). Apakah sang artis sedang bernyanyi, artis memainkan alat musik, artis berjalan-jalan, gambaran umum, dan lain sebagainya. Ada Video Klip yang hanya menampilkan artis saja, ada juga yang menambahkan model di dalamnya namun porsinya tak sebanyak dalam video klip cerita.Video klip jenis ini tidak memiliki sebuah jalan cerita yang jelas.
3.    Video Klip Cerita
Video Klip Cerita umumnya merupakan penerjemahan dari tema lagu. Di video klip jenis ini dibuat semacam cerita atau drama, sehingga ada aktor dan atau aktris di dalamnya yang biasa disebut sebagai model video klip. Di beberapa bagian artis akan muncul bernyanyi. Ada juga Video Klip Cerita yang menyertakan sang artis sebagai aktor/aktris cerita. Namun ada juga video klip cerita yang sama sekali tidak menyertakan/menampilkan sang artis sama sekali.
4.    Video Klip Konser
Video Klip Konser merupakan video klip yang direkam secara langsung saat sang artis melakukan konser lagunya secara live!
5.    Video Klip Animasi
Selain beberapa konsep di atas ada yang disebut dengan video klip animasi. Berbeda dari Video Klip biasa yang umumnya menangkap gambar dari apa yang ada di dunia nyata dengan kamera video, Video Klip Animasi adalah video klip yang menampilkan rangkaian gambar karya manusia, baik itu dalam wujud dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D). Konsep dari video klip animasi dapat berupa video klip bebas, video klip umum, maupun video klip cerita.
6.    Video Klip Lirik atau Video Lirik (Lyric Video)
Video Klip Lirik atau Video Lirik adalah suatu bentuk video klip musik yang mulai populer sekitar tahun 2010. Tak ada gambar bergerak dalam video lirik, kalaupun ada gambar paling hanya foto, yang diutamakan adalah adanya lirik lagu. Cee Lo Green dan Katy Perry adalah sejumlah artis moderen pertama yang merilis video lirik. Dari informasi wikipedia.org sesungguhnya video lirik pertama telah ada pada sekitar tahun 1990, dimana penyanyi George Michael merilis video lirik untuk lagunya “Praying For Time”.
7.    Video Klip Fans (Unofficial music videos)
Sejumlah Video Klip di atas umumnya dibuat/diproduksi oleh label atau manajemen artis, nah kalau Video Klip Fans adalah video klip yang dibuat oleh pihak di luar label atau manajemen artis, yang biasanya adalah fans atau penggemar artis/lagu tanpa maksud komersial tertentu. Bentuk video klip fans dapat berupa: video klip bebas, video klip umum, video klip cerita, video klip konser, maupun video lirik.
8.    Video Klip Gambar Tak Bergerak
Video Klip Gambar Tak Bergerak sebenarnya tidak dapat dikategorikan sebagai sebuah video klip karena hanya menampilkan 1 (satu) buah gambar saja sepanjang lagu. Video jenis ini dapat dikategorikan sebagai Video Klip Fans atau Unofficial music videos, dimana sang fans/penggemar ingin turut serta mempopulerkan lagu dari artis yang disukainya dengan mengubah file format audio ke dalam format video dan menampilkannya website streaming video seperti YouTube dan lainnya. Seperti diketahui, website streaming video memang khusus menampilkan file format video, dan tidak dapat menampilkan file format audio seperti mp3 atau wav.
Gambar Gravatar
Diam, tak banyak bicara, namun menguasai berbagai Pengetahuan dan Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *